Skip to main content
x

Sejarah

Pada bulan januari 1980, Konsorsium Ilmu Kedokteran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menetapkan Program Pengembangan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala segera terwujud dan Rektor Universitas Syiah Kuala dengan Surat Keputusan No. 20 tahun 1980, tanggak 14 Mei 1980 membentuk Tim Inti Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.kemudian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan No. 0217/0/1980 tanggal 27 Agustus 1980, menugaskan Universitas Syiah Kuala dan Konsorsium Ilmu Kedokteran untuk mempersiapkan Pembukaan Fakultas Jedokteran Universitas Syiah Kuala.

Pada tahap awal yaitu 1980 – 1982 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan beberapa Fakultas Kedokteran Universitas negeri lain sperti Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Fakultas Kedokteran Universitas gadjah Mada, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Fakultas Kedokteran UniversitasAirlangga, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan adalah dalam rangk pengembangan calon staf Pengajar dan proses seleksi calon-calon mahasiswa untuk dididik di Fakultas Kedokteran pada Fakultas Kedokteran yang telah disebutkan diatas, dengan status titipan belajar untuk kemudian diharapkan akan menjadi calon staf akademik Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Pada tanggal 1 April 1982, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Daoed Joesoef menyampaikan Keputusan Presiden RI No. 16 tahun 1982 tentang Susunan Organisasi Universitas Syiah Kuala yang diantaranya menyatakan bahwa Universitas Syiah Kuala terdiri dari antara lain Fakultas Kedokteran.

Selama perkembangannya, FK Unsyiah memeilikiabeberapa Program Studi yaitu

1.    Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD)

2.    Program Studi Profesi Dokter

3.    Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK)

4.    Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi (PSKG)

5.    Psikologi

 

Pada tahun 2016 Fakultas Kedokteran mulai merintis Pembukaan Program Studi Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Dirintis oleh : Dr. dr. Dessy R. Emril, Sp.S(K) dengan pembina FK UI.

Program Studi Neurologi FK Unsyiah berdiri pada tanggal 27 Mei 2016 dengan dasar hukum SK dari KEMENRISTEKDIKTI  NO. 194/KPT/I/2016.

Adapun faktor faktor yang menjadi pertimbangkan pendirian Program Studi Neurologi FK Unsyiah saat itu adalah :

1. FK Unsyiah adalah institusi pendidikan kedokteran yang telah didirikan sejak tahun 1982, maka sudah selayaknya FK Unsyiah menambah program studi untuk pendidikan dokter spesialis.

2. Sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan dalam rangka pemerataan pelayanan kesehatan di bidang spesialis Neurologi, sehingga dibutuhkan akselerasi penambahan dokter spesialis Neurologi.

Sebagai lembaga Pendidikan yang bertanggung jawab menyelenggarakan Tri Dharma perguruan tinggi, FK Unsyiah turut serta mencapai cita-cita konstitusional Negara Republik Indonesia, khususnya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Neurologi yang berwawasan nasional dan global.

 

Fasilitas pendidikan secara bersama dipenuhi oleh Universitas Syiah Kuala dan RSUD dr. Zainoel Abidin sebagai rumah sakit pendidikan utama dimana Rumah Sakit tersebut berakreditasi Type A (sejak 2012) dan Pusat rujukan Kesehatan tertinggi di Aceh.

Sebagian besar kegiatan belajar dan mengajar dilakukan di rumah sakit yang meliputi kegiatan Emergensi, Kegiatan Poliklinik, Kegiatan rawatan pasien, ruang kuliah dan tutorial.